Selasa, 24 Desember 2013

Jadi Tentor Baca Al-Quran Plus

Jadi Tentor Baca Al-Quran Plus
       Apabila kamu ingin secara profesional menekuni lahan ini maka pertama kali, sebaiknya kamu cari dan kuasai juga metode-metode baca Al-Quran yang mudah, praktis, dan cepat. Tujuannya bukan untuk kamu, tapi untuk jamaah atau klien kamu. Karena rata-rata mereka yang mau belajar membaca Al-Quran itu ingin segera dapat menguasai dan menerapkannya. Terlebih lagi bagi yang usianya sudah lanjut.
           Tapi dalam hal ini kamu nggak perlu risau. Toh saat ini sudah banyak metode praktis yang mengutamakan kecepatan dan efektivitas dalam menguasai bacaan Al-Quran.

Sistem Pengajaran
        Apa kamu sudah siap? Okey, selanjutnya, buatlah sistem pengajaranmu dengan memakai sistem paket dalam satu rombongan belajar (rombel), kelompok, atau jamaah. Artinya, kamu mulai mengajar mereka dari nol atau dari belum bisa baca sampai minimal bisa atau bahkan sampai lancar. Untuk biaya peserta dapat kamupatok per peserta kurang lebih minimal 100 ribuan, dengan jumlah peserta atau jamaah sekitar 6 sampai 10 orang. Kamu bisa mela¬kukan pengajaran dengan pertemuan kurang lebih sebanyak 4 sampai 10 kali pertemuan, dengan durasi pembelajaran selama 1-2 jam per pertemuannya. Atau bisa juga dengan sistem paket untuk satu jamaah. Tentang biaya, jumlah peserta, dan durasi, kesemuanya dapat disesuaikan dengan akad dan kesepakatan. Mari kita buat estimasinya.
Estimasi:
❖    Jumlah per jamaah kita ambil angka minimalnya, yakni 4 orang.
❖    Biaya per orang, Rp100. 000.    i
❖    Jamaah belajar yang dapat kita layani, 5 jamaah. Maka total pendapatan yang akan masuk dalam kantongmu adalah sekitar 2 juta perak. Eit, itu adalah bila kita ambil estimasi terkecil. Bagaimana bila kita dapat jamaah dengan kapasitas per kelompok ; mencapai 6, 8, sampai 10 orang? Atau dapat melayani lebih dari 5 jamaah atau kelompok belajar?

Lebih Ringan dan Untung Kalau Memakai Sistem EO
        Sobat, akan jauh lebih efekif dan menguntungkan apabila kamu tidak berjuang sendirian. Maksudnya? Agar lebih prospektif dan menguntungkan, cobalah untuk membuat sebuah lembaga pembelajaran baca Al-Quran. Ya, semacam Primagamalah! Atau juga semacam EO khusus untuk pelatihan baca Al-Quran.
         Akan lebih baik bila kamu mampu menyediakan lembaga bimbingan yang nggak hanya menawarkan bimbingan baca Al-Quran saja, tapi juga menawarkan kajian-kajian agama; misalnya, tafsir Al- Quran, hadits tentang hukum, bacaan dan tata cara shalat yang benar serta khusyuk, materi-materi akhlak, muamalah, akidah, dan masih banyak yang lainnya. Rasulullah Saw. bersabda:

قال رسول الله : (خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ)
Sebaik-baik kamu adalah orang yang belajar Al-Quran dan yang mau mengajarkannya. (HR. Bukhari-Muslim)

Bimbingan Al-Quran Plus
           Sobat, akan menjadi lebih variatif dan menarik bila di lembaga bimbingan belajar Al-Quranmu diselingi atau dirangkai pula dengan tambahan pelajaran sekolah. Hal ini khususnya diperuntukkan bagi jamaah kamu dengan segmentasi pelajar. Wah, pasti akan menambah daya tarik, keunikan (unique selling), dan diferensiasi tersendiri dari lembaga yang kamu buat.
        Diakui atau nggak, saat ini banyak para orang tua yang sudah ‘melek’ agama, sehingga akhirnya menginginkan juga pendidikan plus bagi putra-putrinya. Lihat saja banyak menjamur saat ini SD, SMF? dan SMU unggulan dengan label ‘plus’ di dalamnya. Plus dalam hal ini maksudnya, selain mengajarkan mata pelajaran umum, sekolah juga mendidik dan mengajarkan mata pelajaran Islam, seperti akhlak, praktik ibadah, dan baca Al-Quran.
            Nah, untuk memenuhi dan menangkap peluang itu, kamu rekrut saja tenaga-tenaga pengajar yang terampil, mumpuni, dan berpengalaman. Dalam hal ini, selain harus mahir baca tulis Al-Quran, mereka juga harus mahir Matematika. Dengan begitu, kamu bisa mempromosikan lembagamu dengan Privat Baca Tulis Al-Quran Plus Belajar Matematika. Atau bisa juga kamu ambil tenaga pengajar yang jago bahasa Inggris, bahasa Arab, Fisika, Kamputer, Sempoa, dan lain-lain. Selanjutnya, kalau telah tersedia stok itu, kamu tinggal menyesuaikan dengan permintaan jamaahmu. Kalau mereka minta yang plus, kamu sudah bisa memenuhi permintaan itu. Berikut ini contoh paket program bimbingan baca tulis Al-Quran yang dapat kamu buat. Kenalkan lembaga bimbingan baca Al-Quranmu kepada masyarakat dengan mempromosikan usaha kamu. Okey, santri? You wanna be to try?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar